Antara Mitos atau Fakta, itulah yg selalu dipertanyakan oleh masyarakat awam, Berikut ini adalah beberapa mitos tentang digital marketing yang sedang banyak dibincangkan oleh banyak orang.

Digital Marketing adalah konsep baru : Digital marketing  bukanlah konsep yang baru, melainkan sebuah alat yang kita gunakan untuk berbagi  informasi sehingga pengetahuan dan teknologi pun terus terevolusi termasuk social media yang telah menjadi fenomenal sama seperti gosip yang kita lakukan.

Digital marketing itu gratisan atau sangat murah : Sebagian alat dan sumber daya yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam digital marketing seperti sosial media adalah gratis akan tetapi waktu anda tidak. Berapa harga sejam Anda untuk melakukan promosi digital marketing di sosial media ? Atau berapakah uang yang anda keluarkan untuk membayar seseorang yang menguasai sosial media dimana ditugaskan secara khusus menangani digital marketing anda?

Digital marketing itu gampang: Menggunakan sosial media seperti menulis di status facebook anda sangatlah gampang,tetapi bagaimana jika tidak anda lakukan riset atas waktu yang sangat efektif untuk posting update  status anda tersebut untuk menjual produk Anda? Atau alat yang tersedia untuk mempermudah hidup anda dalam mengelola berbagai banyak jenisnya sosial media didalam digital marketing ini? Gampang gampang susah ya.

Digital Marketing hanya sementara dan tidak perlu kita lakukan : Ada yang menganggap bahwa Digital Marketing adalah fenomena sementara dan dapat berlaku. Mohon maaf , Digital Marketing adalah sebuah pergeran jaman secara teknologi yang anda mau tidak mau melakukan pengembangan diri anda untuk mengikuti jaman terbaru dan terkini. Internet adalah pengembangan teknologi yang patut bahkan harus anda ikuti  dan lakukan untuk diri sendiri maupun perusahaan.

Hanya remaja dan generasi muda yang menggunakan Digital Marketing dan sosial media: Memang pada awalnya dikembangkan oleh anak muda seperti sosial media yang fenomenal  Facebook,akan tetapi sekarang telah menjadi kebutuhan umum dari remaja hingga usia dewasa bahkan Digital Marketing pun sudah dilakukan oleh perusahaan besar. Jika anda belum melakukan Digital Marketing pada bisnis anda atau paling tidak mempunyai website untuk bisnis anda.

Marketing menggunakan sosial media adalah Digital Marketing: walaupun sosial media merupakan fokus besar dari UKM hingga perusahaan besar , digital marketing melebihi dari hanya sosial  media, melainkan dari hulu ke hilir, dari website hingga membangun komunitas secara online atau digital.

Siapa saja bisa melakukan Digital Marketing: banyak kesalahan oleh perusahaan baik pemula hingga perusahaan besar memberikan tugas digital marketing kepada karyawan baru karena beranggapan bahwa tugas itu bukan tugas utama dari devisi marketing. Tugas ini bisa diberikan kepada ahlinya atau manajemen  yang bertugas dibidang marketing karena merekalah yang mengerti tentang program marketing yang dilakukan di perusahaan nya.

Digital Marketing bisa dilakukan secara pribadi atau secara internal: Ini berhubungan dengan mitos sebelumnya dimana dapat diatasi oleh diri sendiri atau secara internal. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan waktu Anda sebagai pengusaha, Anda bisa mempelajari ilmu Digital Marketing atau mengirim tim anda sebagai ahli dibidang Digital Marketing untuk perusahaan Anda atau Anda merekrut para ahli yang dibidang Digital Marketing. Kembali kepada tujuan dari Anda atau perusahaan Anda.

Digital Marketing tidak bisa diukur: Didalam buku ini dapat diukur bagaimana program Digital Marketing dapat dihitung secara return on investmen yang telah dikeluarkan oleh anda atau perusahaan anda. Ada cara lain untuk mengukur jumlah pengunjung di website atau jumlah klik  pada link anda menggunakan bit.ly.

Digital marketing tidak ada aturan mainnya: Digital Marketing pada perkembangan teknologi yang sangat cepat, pastinya terdapat aturan mainnya, terdapat etika bahwa sekarang pemerintah telah menetapkan undang – undang dalam dunia online ini. Cara Digital Marketing pun mulai berbeda , sehingga semakin banyak cara untuk melakukan marketing pada dunia maya ini

Semakin banyak Digital Marketing, semakin sukses: Memiliki jumlah yang banyak baik semakin banyak tipe sosial media bukanlah semakin sukses. Bahkan memiliki banyak  pengikut atau banyak yang suka bukan lah berarti banyak yang akan  membeli produk yang anda jual.

Sumber : Buku Digital Marketing in Action

About the Author freshtrendx

Freshtrendx adalah Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2009 oleh Ifadah Amalia S.Kom, MMSI merupakan Alumni Pasca Sarjana Universitas Gunadarma, bergerak di bidang jasa OMNI (Online Marketing Network Industry), Konsultan dan Pelatihan Digital Marketing. dengan cakupan wilayah seluruh Dunia.

2 comments

Leave a Reply